Pada hari Kamis, 4 April 2013 Badan KBPMPP melalui Satker PNPM MPd dalam hal ini dimotori oleh Subbid Penguatan Potensi Masyarakat menyelenggarakan MAK (Musyawarah Antar Kecamatan) PNPM MPd 2013 bertempat di gedung Nakersos lantai 3. Acara ini melibatkan pelaku-pelaku PNPM MPd antara lain UPK, BKAD, Camat, Ekobang, Kepala Desa dan TPU serta TPK. Selain itu juga dihadiri oleh shareholder seperti Nakersos, Dikpora, dengan narasumber Bappeda dan Faskab Integrasi.

Berkenan hadir dalam acara ini adalah Bupati Sleman dan Ibu Wabup selaku ketua TKPKD (Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah) Kabupaten Sleman. Dalam sambutan Bupati Sleman Bapak Sri Purnomo menyatakan apresiasi pada pelaksanaan kegiatan PNPM MPd integrasi yang selalu berkomitmen dalam usaha menanggulangi kemiskinan. Beliau juga berpesan agar dalam menyusun prioritas kegiatan diutamakan untuk kegiatan-kegiatan yang mendukung penanggulangan kemiskinan secara riil (meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pendapatan masyarakat) dilain kegiatan yang bersifat fisik.

Ketua TKPKD (Ibu Yuni Satya Rahayu) berpesan agar pelaku PNPM MPd di lini desa dan kecamatan sebagai bagian dari TPK (Tim Penanggulangan Kemiskinan) untuk aktif berperan dalam usaha pengintegrasian kegiatan-kegiatan penanggulangan kemiskinan, serta berusaha untuk memfasilitasi kaum marginal (perempuan dan warga miskin) yang selama ini kurang disuarakan aspirasinya dalam pembangunan. Selain itu beliau juga menghimbau kepada Camat dan Kepala Desa agar berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan penanggulangan kemiskinan antara lain melalui PNPM MPd dengan koordinasi, pemantauan, pengawasan.

Dalam pengantar sesi MAK yang disampaikan oleh Bappeda (Bapak Dibyo) menyampaikan antara lain himbauan kepada pelaku PNPM untuk mendorong proses pengintegrasian dari sisi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Pemda berkomitmen mendukung kegiatan pemberdayaan melalui dana PIK (yang berfokus untuk kegiatan strategis kecamtan), PDPM (berfokus untuk kegiatan strategis tingkat desa) dan dana bantuan serta hibah untuk kegiatan-kegiatan di lini lingkungan (dusun).

Dalam kegiatan ini diperoleh kesepakatan kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas pendanaan melalui PNPM MPd integrasi di tahun 2013 untuk 10 kecamatan lokasi sasaran. Selain itu juga disepakati DOK (dana operasional kegiatan) serta alokasi RBM (Ruang Belajar Masyarakat) serta penjadwalan kegiatan di tahun ini sehingga semua bisa menyusun skedul pelaksanaan kegiatan di tingkat kecamatan. Target pencairan dana termin I bulan Mei 2013.

Kepala BKBPMPP (dr. Nurulhayah, MKes) memberi sambutan pengantar MAK

Kepala BKBPMPP (dr. Nurulhayah, MKes) memberi sambutan pengantar MAK

Bupati Sleman membuka acara MAK

Bupati Sleman membuka acara MAK

Ibu Yuni Satya Rahayu (Ketua TKPD) memberi sambutan pengantar MAK

Ibu Yuni Satya Rahayu (Ketua TKPD) memberi sambutan pengantar MAK

PJOKab PNPM MPd (Drs. Didik Daru) mengantarkan sesi MAK

PJOKab PNPM MPd (Drs. Didik Daru) mengantarkan sesi MAK

Kabid Perdesaan Bappeda memberi pengantar MAK

Kabid Perdesaan Bappeda memberi pengantar MAK

 

Pengurus UPK berpose usai acara

Pengurus UPK berpose usai acara

(ety-CD)