Pada hari Jumat – Minggu (3 – 5 Mei 2013) BKBPMPP melalui Subbid Ketahanan Keluarga menyelenggarakan pelatihan pendidik sebaya dan konselor sebaya Forum PIK R Kabupaten Sleman yang dilaksanakan di Omah Jawi kawasan Kaliurang Sleman. Acara ini dimotori oleh Forum PIK R Sleman, dengan maksud untuk melakukan kaderisasi Forum PIK R dan sebagai embrio pembentukan Forum PIK R tingkat kecamatan.
Acara ini diikuti oleh 102 peserta yang berasal dari perwakilan 17 kecamatan di kabupaten Sleman dengan unsur dari sekolah dan diluar sekolah.
Adapun materi yang disampaikan antara lain HIV/Aids, Seksualitas/Life Skills, Materi Konselor Sebaya dan Outbond. Pemateri didatangkan dari LSM Metamorforsa, Instruktur Outbond “Jan” dan dipandu oleh Forum PIK R yang dominan mewarnai kegiatan dari awal sampai akhir.
Pada akhir acara bisa tersusun rencana tindak lanjut untuk pembentukan Forum PIK R tingkat kecamatan. Pada saat ini sudah ada 4 kecamatan yang mempunyai forum PIK R dan diharapkan kedepan semua kecamatan mempunyai forum PIK R sebagai bentuk kegiatan Genre (Generasi Berencana).
Acara ini dibuka oleh Kepala BKBPMPP (dr. Nurulhayah, M.Kes) dan ditutup oleh Ketua TP PKK Sleman (Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo). Dalam sambutan penutup Ibu Sri Purnomo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada peserta pelatihan dan berharap agar kegiatan ini bisa ditindaklanjuti di masyarakat berkolaborasi dengan BKR (Bina Keluarga Remaja) sehingga misi PIK R dalam Triad KRR (mengurangi napza/narkoba, HIV/Aids dan pernikahan dini serta kehamilan tidak diinginkan) bisa tersampaikan di masyarakat Sleman.
Pada akhir acara peserta pelatihan berkesempatan untuk mengunjungi Museum Gunung Merapi (MGM) sebagai lokasi pariwisata edukatif tentang kegunungapian. (ety-CD)